Sabtu, 14 Februari 2015

[Ala Nyah Ben] Galantin Ayam










Makanan yang satu ini cukup bersejarah buat saya. *sok mellow* Soalnya jadi salah satu menu makanan dalam resepsi pernikahan saya duluuu... Aslinya saya itu nggak gitu doyan daging. Masih mending melahap makanan olahan ber-basic daging ayam daripada daging sapi. Itu juga pilih-pilih. Kalo tercium amis banget ya ogah makan.

Saya nggak tau galantin yang saya makan dulu itu basic-nya daging ayam atau daging sapi. Pokoknya saya doyan dan rasanya uwenaaak... Bu Masto gitu lho... Yang tinggalnya di Malang pasti tau dong catering Bu Masto...


Daripada cuma ngiler sambil mengenang hari pernikahan yang indah itu, *halaaah* maka marilah kita coba saja membuat galantin sendiri. Saya ragu apakah bisa makan galantin daging sapi. Jadi, saya pilih saja daging ayam untuk diolah. Maka dari itu judulnya ya Galantin Ayam.

Resepnya saya utak-atik sendiri sesuai selera saya lho yaaa... Kalo ada yang kurang cucok silakan dimodifikasi sendiri.

Sooo... Let’s go!

Bahan :

Galantin :
- 300 gram fillet dada ayam, giling halus
- 4 lembar roti tawar
- 200 ml susu cair
- 1 butir telur ayam, kocok lepas
- Garam secukupnya
- Gula secukupnya
- ½ sdt lada halus
- 3 siung bawang putih, haluskan
- Setangkai daun bawang, iris halus

Saus :
- 1 bawang bombay,cincang
- 2 siung bawang putih, cincang
- 300-400 ml air (saya pakai kaldu yang berasal dari rebusan tulang dan kulit ayam sisa fillet)
- 100 ml saos tomat
- Garam secukupnya
- Gula secukupnya
- 1 sdm munjung maizena yang dilarutkan dalam sedikit saja air dingin
- Mentega untuk menumis (saya pakai roombutter)

Pelengkap :
- Buncis rebus
- Wortel, potong-potong, rebus
- Jagung manis pipil, rebus
- Kentang goreng
(Buncis, wortel, dan jagung manis direbus sebentar dalam air mendidih yang sudah dibubuhi sedikit garam dan gula, tiriskan, tumis sebentar dengan margarine / mentega / roombutter. Tiriskan)

Tambahan :
- Daun pisang atau alumunium foil
- Minyak goreng
- Margarine / mentega / roombutter ( saya pakai roombutter)


Cara Membuat :

Galantin :
- Rendam roti tawar dalam susu cair sampai terserap habis, lumatkan dengan sendok sampai halus.
- Campurkan lumatan roti tawar dengan daging ayam giling, bawang putih halus, daun bawang iris, kocokan telur, garam, gula, lada bubuk. Aduk rata.
- Gulung adonan ayam dengan daun pisang seperti bentuk lontong.
- Kukus selama 30 menit.
- Angkat dan biarkan dingin.
- Buka bungkusnya.
- Goreng utuhan dalam minyak yang sudah ditambah 1 sdm margarine / mentega / roombutter
- Angkat dan tiriskan bila luarnya sudah kuning kecoklatan.
- Potong-potong melintang galantin ayam.

Saus :
-Tumis bawang putih dan bawang bombay dalam sedikit margarine / mentega / roombutter sampai harum.
- Tambahkan air atau kaldu ayam.
- Masukkan saus tomat, gula, garam.
- Aduk sampai mendidih.
- Masukkan larutan maizena, aduk cepat hingga mendidih kembali dan mengental.
- Angkat.

Sajikan potongan galantin ayam dengan bahan pelengkap dan siram dengan saus.

Selamat mencoba dan menikmati...

* * * * *


(Foto : koleksi pribadi)

10 komentar:

  1. Di solo ada makanan kayak gini namanya salah solo. Penampakane plek ketiplek. Dulu bos suka bikin ginian kalau ada acara di kantor. Dan aku paling suka justru sama tambahan sayurannya itu.

    Mbak.....kalau misalnya ditambahin selama enak ndak? Soale kalau rebusan semua kok kurang gimanaaaa gitu. Trus......ga pakai yang pedes2 gitu?
    Kapan2 nyoba ah.....

    BalasHapus
  2. Mbak itu typo maksudnya selat solo

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kalo sama ya, Mbak... Aku sendiri nggak paham, hehehe... Sebenernya sayurannya mau apa aja juga oke sih, sesuai selera. Pedes-pedesnya juga.
      Tadi sebenernya mau tak'tambahin pelengkap selada. Bagus juga kan buat didokumentasikan. Eh... ingetnya baru setelah sampe di rumah lagi, pulang dari pasar.

      Hapus
    2. Halah melok typo : Iya KAYAKNYA sama ya, Mbak... hihihi...

      Hapus
  3. ooo aku baru tau klo cara bikinnya kayak bikin lontong buu..
    makasih resepe bu, bermafaat (y)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Mbak Indah, sama-sama... Selamat mencoba dan menikmati..

      Hapus
  4. Dari gambarnya terbayang kelezatannya..... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sodorin resepnya ke nyonya, Mas Pical... Hihihi... *ngomporrr*

      Hapus
  5. Wah mau nyoba ah. Mirip nugget ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, Mbak Usi... Nggak susah kok bikinnya...

      Hapus